Kamis, 02 Juli 2020

Analisis Bisnis Online





Definisi Bisnis Online
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari bisnis online yaitu usaha komersial dalam bidang perdagangan baik menjual produk ataupun jasa, dimana bisnis ini menggunakan internet sebagai wadahnya.

Promosi Menurut Tjiptono
Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan serta produknya supaya bersedia untuk menerima, membeli, serta loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Tanpa adanya promosi, produk sebaik apapun kualitasnya, tidak akan dikenal oleh calon konsumen. Sebaliknya, meski suatu produk memiliki kualitas yang pas-pasan, jika menggunakan metode promosi yang tepat, produk tersebut akan lebih mudah terjual di pasaran. Ini artinya, promosi memegang peranan yang sangat penting jika Anda ingin meningkatkan penjualan.

Tujuan Promosi
Secara umum, promosi dilakukan untuk mencapai tujuan sebagai berikut:
1. Menyebarluaskan informasi tentang suatu produk kepada calon konsumen yang paling potensial
2. Menjangkau dan memperoleh konsumen baru, serta menjaga loyalitas konsumen yang sudah ada.
3. Sebagai upaya untuk menunjukkan keunggulan suatu produk dan membedakannya dengan produk pesaing.

Contoh promosi  :

1. Flash sale
Flash sale atau penjualan kilat pada dasarnya hampir sama seperti diskon, hanya saja barang yang dijual biasanya tidak banyak dan tersedia dalam waktu yang sangat singkat. Flash sale sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini dinilai sangat efektif untuk menarik minat audiens, bahkan beberapa brand besar juga menerapkan strategi ini.

2. Media Iklan Televisi
Iklan televisi  adalah sebuah serangkaian tayangan televisi yang dibuat dan dibayar oleh sebuah badan usaha untuk menyampaikan pesan, biasanya untuk memasarkan produk ataupun sekadar mengumumkan.

Dalam kenyataannya terdapat beberapa iklan yang tidak sesuai dengan harapan konsumen. Dalam hal ini menurut saya kurang baik bagi citra merek perusahaan dan akan membuat penurunan penjualan karna konsumen tidak puas, sehingga produk dari merek tersebut tidak akan dibeli lagi.

Tetapi tidak semua disalahkan pada produsen terkadang ada juga kesalahan dari konsumen yang kurang jeli. Misalnya seperti flash sale karna tergiur harga murah dan terburu-buru dengan waktu dan takut stock barang habis sehingga konsumen membeli dengan cepat tanpa melihat produk dengan detail, terkadang barang flash sale tidak semuanya baik kondisinya karna bisa saja penjual menghabiskan stock barang sisa dengan menjual sangat murah melalui flash sale. Kemudian ada pula iklan media televisi yang terkesan sangat melebih-lebihkan produk pada kenyatannya produk kadang tidak sesuai dengan harapan konsumen.
Maka dari itu sebaiknya bagi konsumen harap teliti terlebih dahulu sebelum membeli produk jangan mudah tergiur dengan harga murah dan tampilan bagus pada iklan, dan untuk produsen sebaiknya mengiklankan produk jangan terlalu berlebihan, fokus pada kualitas produknya dan memahami apa yang diinginkan dari konsumen supaya tidak mengalami penurunan penjualan.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Bisnis Online

Definisi Bisnis Online Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari bisnis online yaitu usaha komersial dalam bidang p...